Hover Bar

Rabu, 12 Oktober 2011

Weekly Article : Side Board Management!!



Halooo, berhubung temen-temen BDC lain masih sibuk mempersiapkan articlenya maka untuk minggu ini gw isi lagi
setelah article gw di minggu sebelumnya tentang membangun sebuah deck, kali ini gw akan membeberkan RAHASIA terbesar bagaimana gw bisa sering topping dalam perduelan di Bogor





ok rahasianya ada pada side deck!

sangat penting untuk diperhatikan bahwa 1 deck itu terdiri dari minimal 40 lembar kartu main deck, 15 extra deck dan 15 side deck yang menurut gw bermain bersamaan...
bahkan tidak jarang yang menjadi kunci kemenangan lahir dari barisan side deck yang baik..
namun perlu diketahui, masih banyak dari kita yang malah hancur lebur gara - gara side deck ini..
mari kita simak ulasanya....

Perlu diketahui tujuan dari side deck adalah untuk membantu menyelesaikan masalah yang mungkin akan merepotkan deck kita dari deck-deck lawan.
jadi dalam membangun side deck biasanya langkah ini yang gw lakukan

1. Ketahui Kelemahan Deck Sendiri
ga ada deck yang sempurna, sebagus2nya deck masih bisa dikalahin dan bisa di side, contoh: dragunity bisa jadi cops kalo di DD.Crow, EEk Veiler, atau siding lainnya. Untuk kasus semacam ini biasanya gw menyediakan kurang lebih 2-4 tempat untuk memprotect deck gw, misalnya dengan membawa imperial iron wall, atau hero rule 2.
contoh nyata adalah gw ngrasa tengu lemah sama backrow yang aneh2 kayak gozen dkk dan juga DCK, jadi gw selalu sediain tempat untuk ekstra MST (mystical space typhoon) + Dust Tornado dan sepasang cyber dragon di main deck yang ternyata kedua kartu tersebut juga bisa digunakan untuk melawan deck - deck lain.
mempersiapkan apa yang akan disiapkan lawan untuk menghadapimu kadang bisa menjadi penentu kemenangan loh.

2. Ketahui Kelemahan Deck lawan kamu
nah ini yang paling seru, gw biasanya memasukan sisa slot side deck yang ada buat ini. Karena kita bermain di bogor, rasanya tidak sulit untuk mengetahui deck apa yang akan digunakan oleh calon lawanmu nanti, terlebih pada even-even yang sifatnya tertutup seperti BYL dan GT, adalah suatu keuntungan yang sangat buat gw bila tebakan gw tentang deck apa yang akan dipakai lawan benar adanya karena gw pasti akan mempersiapkan side deck yang sesuai.
Dalam mempoersiapkan side deck, biasanya gw mulai dari deck yang paling gw takuti, waktu GT3 kemaren yang paling gw takuti adalah SixSam turbo elang yang faktanya memang sukses merajai CnG beberapa waktu silam, untuk itu gw mempersiapkan side deck yang benar-benar bisa matiin samurai, bahkan sampai bawa volcanic queen segala wkwkwkwk.
yah intinya temukan kartu-kartu yang mematikan buat lawanmu dan gunakan dalam MAIN DECK JIKA TIDAK MEEUSAK pola permainan utama deck kamu, atau masukan di side deck untuk berjaga2.

3. Perhatikan proporsi dan pertimbangkan hasil dari perbuatanmu
Dalam hal ini saat menyusun side deck kamu harus mempertimbangkan hal-hal yang tidak terduga juga, pastikan proporsi side deck kamu tidak berlebihan pada 1 tipe deck saja, cukup siapkan kartu yang mematikan dan efektif saja, sisanya serahkan pada kemampuan main deck kamu.
Terkadang siding terlalu banyak artu dapat merusak peforma terbaik deck kamu juga loh..

4. Fikirkan jauh - jauh hari apa yang mau di side out! dan test lah keampuhanya
Oke, ini terakhir tapi penting banget, banyak sekali gw temui temen- temen yang masih bingung mau ngeluarin apa untuk di side out (termasuk gw kadang-kadang -_-)
tapi untuk even -even besar gw biasanya sudah siapin kartu apa aja yang bakal gw keluarin buat masukin side deck seperti GT dan turney duality elang yang lalu,
terkadang dalam suatu turnamen kita belum tau apa yang mau di side malah jadi grogi dan terburu-buru sehingga kita malah mengeluarkan kartu yang salah. Maka sering - seringlah berlatih berfikir optimal dengan mengetahui kartu apa yang akan di keluarkan dan dimasukan dan cobalah kefektifanya dengan dn, atau 'main sendiri' (yup kadang gw emang suka autis dengan main sendirian kwkwkwkw)

oke, segitu dulu, intinya anggaplah turnamen seperti sebuah ujian, persiapkan yang terbaik yang kamu miliki dan buktikan hasilnya...
semoga dapat membantu....





Andhi Reza A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar